Kamis, 11 Juni 2009

CARA MENGISI SENDIRI TINTA PRINTER CANON IP-1980

Saya adalah seorang wanita yang sedang mencoba belajar membuka usaha sendiri dalam bidang WARNET, namun saya sering sekali mengalami kesulitan dalam hal printer, sedangkan hasil dari warnet kebanyakan keuntungan yang diambil dari orang – orang yang cetak foto dan pengeprintan.
Sementara printer yang saya gunakan hanya satu untuk mengeprint dari beberapa komputer. Waktu pertama kali saya sangat kesulitan mengatasi printer yang tintanya habis, sedangkan jika harus di reffill ke tempat yang biasanya bekerja di bidang reffill tinta, harganya cukup mengocek isi dompet, jika dihitung – hitung cukup merugikan usaha saya.
Sambil merenung saya berpikir bagaimana supaya saya bisa mereffil tinta sendiri tanpa harus mereffil tinta ke orang lain. Sementara printer yang saya pakai saat ini PRINTER CANON IP 1980 dan cartridge tintanya PG830, PG 40dan CL 41.Akhirnya saya punya ide bagaimana cara membuka cartridge dan mengisi tinta sendiri. Berikut langkah – langkah yang saya lakukan :

1. Siapkan peralatan yaitu : 1 botol tinta, suntikan, pisau dapur, tisu, dan lakban / solasi.

2. Buka penutup atas tinta dengan menggunakan pisau, pastikan mata pisau tepat di regangan antara penutup tinta yang berwarna abu-abu dan badan cartridge yang berwarna hitam.

3. Anda akan melihat sebentuk kapas keras berwarna putih, atau hitam. Biasanya jika baru beli, hanya sedikit tinta hitamnya. Ini membuktikan bahwa produsen hanya mengisi tinta tidak semaksimal kapasitas cartridge tersebut.

4. Lakukan pengisian dengan cara menyuntiknya atau meneteskannya. Lakukan perlahan, dan saya anjurkan jangan terlalu penuh, tapi secukupnya saja.

5. Pasang kembali penutup cartridge, dan untuk mengencangkannya, anda bisa menggunakan solasi ataupun juga lakban tipis. Cartridge pun siap digunakan.

Saya tidak menyangka begitu mudahnya pengisian cartridge tinta Canon PG830 serta PG40.
Hal yang sama dapat dilakukan dengan cartridge warna CL41. Isilah tinta sesuai dengan partisi warna yang terdapat dalam cartridge tersebut.

Setelah tinta diisi dengan secukupnya, kemudian tutuplah cartridge dengan benar – benar rapat. Kemudian pasanglah Cartridge ke dalam printer, dan printer siap untuk di pergunakan.
Dengan ini usaha saya sekarang menjadi lebih untung yang lumayan.
Semoga hal ini dapat bermanfaat untuk orang lain terutama para wanita seperti saya khususnya

7 komentar:

  1. Dilubangin aja tutup atasnya mbak... lebih simple...

    BalasHapus
  2. klo dilungin atasnya suka ga keliatan antara warna yang satu dengan yg lain, makanya buka aja tutupnya supaya lebih terlihat jelas,,oke,,,thank's ea atas commentny...

    BalasHapus
  3. bisa dilihat disini http://www.superonline.co.in/product_image/CANON%20CL831%20INK%20CARTRIDGE.jpg

    BalasHapus
  4. cartrid 41 lebih awet penggunaannya dari pada cartrid 830

    BalasHapus
  5. JANGAN DIBUKAAA!!!! aku nyoba buka pake pisau, eh ditutup ga bisa rapet. alhasil tintanya malah mbleber kemana2. -_-'.
    mending dilubangin.

    BalasHapus
  6. bener jadi beleber.....arghhh malah di turutin adi rusak semua warnanya.....!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    BalasHapus